Yuk Mengenal Alat Musik Tradisional Korea

KOREAN Culture Center Indonesia (KCCI) mengadakan K-Festival 2022, yang bertemakan A Great Journey to Enjoy Korea, untuk menyongsong Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 yang akan digelar terhadap November 2022.
Sebanyak 8 alat musik tradisional Korea dipamerkan di Ciputra Artpreneur Theater terhadap Jumat (16/9) sehubungan bersama pertunjukan lagu dan tarian tradisional Korea terhadap malam itu. Setelah pertunjukan berakhir, banyak penonton, yang sebagian merupakan warga negara Korea dan juga fans budaya Korea mengerumuni tempat alat-alat musik selanjutnya dipamerkan.

Berikut adalah penjelasan tentang kedelapan alat musik tradisional tersebut.

1. Kkwaenggwari

Kkwaenggwari merupakan sebuah alat musik perkusi yang berwujud gong slot77 kecil dan disebut juga sebagai gong tangan. Alat musik ini miliki nada yang tinggi dan banyak digunakan dalam permainan musik petani dan musik ritual Shamanisme.

2. Sogo

Sogo adalah instrumen berwujud drum tangan yang kecil dan mampu dibawa kemana-mana. Cara memainkan sogo adalah bersama memukul tidak benar satu bagiannya bersama stik pemukulnya.

3. Gayageum

Gayageum merupakan sebuah alat musik gesek yang miliki 12 senar. Alat musik ini dimainkan bersama langkah menuai atau mengguncangkan senar yang ada.

4. Geomungo

Geomungo muncul seperti kecapi yang miliki 6 senar yang diciptakan di zaman kerajaan Goguryeo.

Geomungo membawa dua jenis yaitu sanjo geomungo untuk permainan solo dan jeongak geomungo untuk orkestra atau bersama pengiring.