Taman Sari Jogja: Sejarah, Daya Tarik, Lokasi dan Harga Tiket

Taman Sari Jogja

Saat jalan-jalan ke Yogyakarta, kamu sanggup jalankan wisata peristiwa ke Taman Sari Jogja. Lokasinya dekat bersama Keraton Yogyakarta. Apa saja perihal menarik yang ada di Taman Sari Jogja? Simak informasi lengkapnya selanjutnya ini, serta kami akan membahas tentang permainan di situs slot depo qris dan nexus slot .

Sejarah Taman Sari Jogja

Mengutip website Provinsi Yogyakarta,Taman Sari dibangun pada era pemerintahan Sri Sultan HB I tahun 1758. Meski sudah beberapa kali di renovasi, nilai historis taman sari tidak hilang. Salah satu keindahan Taman Sari adalah kolam yang dikelilingi benteng setinggi enam meter. Dahulu, daerah ini digunakan sebagai pemandian bagi para istri-istri Sultan Hamengkubuwana I. Corak dan bangunan Taman Sari bergaya seni arsitektur Eropa. Meski begitu, simbol Jawanya tetap terlihat lebih dominan.

Taman Sari dibangun oleh Sultan setelah penandatanganan perjanjian Giyanti tahun 1755. Sebelumnya berjalan perpecahan yang berakhir bersama pecahnya Mataram menjadi Kasultanan Yogyakarta dan Kasunanan Surakarta.

Pembangunan Taman Sari pun memiliki tujuan untuk menentramkan hati serta sebagai daerah istirahat dan berekreasi Sultan dan keluarga. Taman Sari terhitung dipersiapkan sebagai layanan benteng pertahanan dalam hadapi musuh kerajaan.

Daya Tarik Taman Sari Jogja

Ketika memasuki pintu gerbang, nampak gambar yang menceritakan Taman Sari pada era yang lalu. Dalam gambar tersebut, terlihat kebun buah-buahan layaknya semangka, nanas, mangga dan lain sebagainya yang sanggup dipetik Sultan.

Taman Sari terhitung miliki beraneka daerah yang menarik untuk dikunjungi. Mengutip keliru satu website agen travel, selanjutnya di antaranya:

1. Gapura Panggung

Gapura Panggung miliki dua tingkatan. Hiasan ular naga yang terukir di tembok tangga menuju lantai dua gapura. Bagian atas gapura menjadi daerah Sultan dan istrinya melihat pagelaran tari. Sementara bagian bawah digunakan sebagai kamar dan daerah berhias.

2. Gedong Sekawan

Gedong Sekawan dahulu menjadi daerah Sultan, permaisuri, dan keluarga untuk beristirahat. Terdapat pintu di keempat sisinya.

3. Umbul Binangun

Di daerah Umbul Binangun atau Umbul Pasiraman ada toga kolam air jernih yang menjadi daerah mandi sultan, putri, permaisuri dan selir. Ada pula dua bangunan yang di sisi utara menjadi daerah para putri berpindah pakaian.

Sementara bagian lainnya berada di pada Umbul Pamuncar dan Umbul Panguras. Di sana terkandung banyak kamar dan sebuah menara pengamatan.

4. Sumur Gumuling

Sumur Gumuling merupakan masjid bawah tanah bersama bentuk yang unik. Bangunannya didesain sedemikian rupa, sehingga nada imam berasal dari mihrab sanggup terdengar ke seluruh ruangan.

Lokasi dan Cara Menuju Tamansari

Menurut keliru satu Agen Travel, Taman Sari berada di daerah Patehan, Kecamatan Keraton, Kota Yogyakarta. Lokasinya sekitar 750 meter berasal dari Alun-alun kidul dan sekitar lima menit berasal dari titik 0 Yogyakarta.

Dari Bandara Internasional Yogyakarta (YIA), jarak yang ditempuh sekitar 43,4 km. Kamu sanggup memakai kereta bandara dan turun di Stasiun Yogyakarta. Kemudian, kamu sanggup lanjut memakai transportasi becak, taksi offline, atau online.

Harga Tiket Masuk dan Jam Buka Taman Sari

Adapun jam harga tiket dan jam buka Taman Sari adalah sebagai berikut:

  • Tiket masuk wisatawan lokal: Rp 5.000
  • Tiket masuk wisatawan asing: Rp 15.000
  • Guide: Rp 25.000-Rp 30.000
  • Parkir motor: Rp 2.000
  • Parkir mobil: Rp 5.000

Harga ini kapan waktu sanggup berubah tanpa pemberitahuan terlebih dahulu. Tergantung kebijakan pihak pengelola. Taman sari buka berasal dari pukul 09.00-15.00 WIB.