Polisi Ungkap Motif Adi Pradita Teror Sahabat SMP Selama 10 Tahun

Kasubdit V Siber Ditreskrimsus Polda Jawa Timur, AKBP Charles P Tampubolon membongkar, motif Adi Pradita meneror teman SMP berinisial N selama 10 tahun di Surabaya. Menurut Charles, Adi Pradita sengaja melakukan hal tersebut lantaran mau mencari perhatian agar korban mau menikah dengan pelaku.

Jadi motif pelaku (Adi Pradita) kecuali untuk menerima perhatian dari korban, juga untuk agar korban mau menikah dengan pelaku,” ungkap Charles dikutip akun Instagram @humaspoldajatim, Rabu (22/5/2024).

Charles menambahkan, pelaku tidak cuma mengancam N, melainkan juga teman dan orang-orang yang pernah dekat dengan N.

“Pengancaman tidak cuma kepada korban, melainkan kepada rekanan korban yang berusaha mendekati korban sebagai kekasih dari korban tersebut,” kata Charles.

Adi Pradita akibatnya ditangkap tanpa konfrontasi oleh penyidik Ditreskrimsus Polda Jatim pada Jumat 17 Mei 2024. Kini Adi sudah berstatus sebagai tersangka dan ditahan di Mapolda Jatim.

Charles menyatakan, pihaknya akan memeriksa situasi kejiwaan dari Adi Pradita. Penyidik akan spaceman pragmatic melibatkan pakar dan psikiater untuk melakukan observasi.

“Sampai dikala ini kami sudah mengundang pakar psikiater, psikologi dalam hal ini untuk melakukan obsevasi kepada pelaku,” tambah dia.

Sebelumnya, Polda Jatim mengamankan AP, terduga pelaku teror pelecehan seksual kepada N, wanita asal Surabaya Selatan yang sudah berlangsung selama 10 tahun. N diketahui yaitu teman SMP pelaku.

Kasubdit V Siber Ditreskrimsus Polda Jatim AKBP Charles P Tampubolon menyatakan AP diamankan tanpa konfrontasi.

“Untuk terduga sudah kita amankan yang bersangkutan di rumahnya, tidak ada konfrontasi,” ujarnya, Minggu, (19/5/2024).

Penangkapan ini, lanjut AKBP Charles, sesudah pihaknya menyusuri jejak komputerisasi, identitas, dan eksistensi AP berakhir menerima laporan dari N.

“Kami menerima laporan korban N, sudah kita melakukan pemeriksaan korban, sesudah menerima laporan kami mengambil keterangan dari korban,” ucapnya.

AKBP Charles menegaskan, pihaknya segera mendatangi ke rumah AP yang diduga masih tinggal di rumahnya.

“Setelah itu profiling terduga dan kami melakukan penjemputan terduga di rumahnya di Surabaya, kami masih melakukan pemeriksaan (AP),” ujarnya.

Korban N Diteror Sahabat SMP Selama 10 Tahun

Sebelumnya, wanita asal Surabaya inisial NRS mengaku menjadi korban teror pelecehan seksual selama 10 tahun yang diduga dilakukan oleh teman Sekolah Menengah Pertama (SMP) yaitu AP. Untuk itu, dia melaporkan kejadian tersebut ke Subdit Siber Ditreskrimsus Polda Jatim.

“Aku mengalami pelecehan dan teror lebih dari 10 tahun oleh teman SMP. Mulanya aku niat bagus dan aku ekstrovert, melainkan dia introvert sekali. Rupanya kebaikan aku disalahartikan oleh dia dan disangka aku menyenangi sama dia,” ujarnya di Polda Jatim, Sabtu (18/5/2024).

“Aku sudah pernah menolak dia dan dia sempat confess di 2014 hingga 2015, melainkan sudah aku tolak dengan sistem bagus-bagus dan sistem kasar juga tidak bisa, melainkan berlanjut hingga sekarang,” imbuh NRS.

NRS mengaku tidak cuma sekali atau dua kali menolak AP. Mulai dari menyajikan secara bagus-bagus hingga mengundang emosinya.

“Baik dengan keluarga dan eks-eks kekasih aku juga sudah (pernah bersua dan berusaha dimediasi), jadi sulit sekali diberikan tahu jika aku tidak menyenangi,” sebut wanita asal Surabaya Selatan itu.

Ia menerangkan berbagai bentuk teror dialami sejak 2014. Tepatnya, dikala duduk di kursi kelas 2 SMA hingga 2024.