Lokasi Kuliner Malam di Jakarta Buat Para Pecinta Kuliner

Pesona Jakarta bukan cuma berasal dari estetika kota serta adat istiadatnya yang kaya tetapi juga kulinernya. Jakarta bagaikan surga dunia bagi Anda pecinta masakan malam. Seperti yang kita tahu, Jakarta adalah melting pot dari berbagai etnis tradisi, adalah Melayu, Arab, Cina, India dan juga etnis absah warga Jakarta, Betawi. Meleburnya berbagai etnis tradisi ini, tak heran bila Jakarta memiliki banyak masakan legendaris dengan berbagai cita rasa istimewa.

Berbincang-bincang mengenai wisata masakan di Jakarta, Anda tak boleh melewatkan masakan malam yang menawarkan berbagai makanan khas Indonesia. Kecuali memberikan suasana yang berbeda, ada beberapa jajanan yang lebih nikmat bila disantap pada malam hari. Semisal saja martabak manis, kwetiau goreng, seafood bakar, dan lain sebagainya.

Yuk catat, berikut ini 5 lokasi masakan malam di Jakarta yang harus dicoba para pecinta masakan!

1. Blok M

Kuliner malam di kawasan Blok M telah diketahui sejak puluhan tahun yang lalu. Di sini terdapat berbagai makanan legendaris yang harus Anda coba. Kuliner malam yang paling tenar di sini adalah gultik alias gulai tikungan. Lazimnya para pedagang gultik menjajakan makanannya di sepanjang jalan Mahakam. Kecuali gultik, ada pula angkringan ideal di depan Blok M Square yang menjual lauk pauk seperti spaceman demo makanan rumahan mulai dari orek tempe, ayam goreng, cumi hitam, dan lain sebagainya.

Tak cuma itu, terdapat area yang diketahui sebagai Little Tokyo. Di sini Anda bisa mencicipi makanan Jepang yang absah. Little Tokyo juga menjadi lokasi perayaan Ennichisai Festival adalah festival seni dan masakan Jepang.

2. Jalan Sabang

Mempunyai nama lain Wilayah Kuliner Jalan Sabang, lokasi ini telah sejak lama dipromosikan oleh pemerintah DKI Jakarta sebagai sentra wisata masakan. Wilayah ini kelihatan sepi di siang hari tetapi begitu sang surya terbenam, kemah-kemah mulai berjajar sepanjang Jalan Sabang. Di sini kita bisa menemukan makanan legendaris seperti Sate Kambing dan Ayam Jaya Agung, Toko Soto Ceker dan Ranjau Pak Gendut, Nasi Gandul Khas Pati, Pempek Cawan Putih, Lapo Ni Tondongta, dan lainnya.

Di sepanjang Jalan Sabang juga terdapat restoran dan restoran kekinian yang jadi favorit kaum muda. Semisal saja Claypot Popo, The Atjeh Connection, Manggar Indonesian Restaurant, Sabang 16 Kopi & Srikaya, Kopi Oey, dan masih banyak lagi.

3. Pecenongan

Mungkin Anda telah tak asing dengan Martabak Pecenongan yang banyak dijual di ruko pinggir jalan. Jajanan ini adalah salah satu masakan legendaris yang berasal dari daerah Pecenongan. Wilayah Pecenongan adalah surga masakan malam yang telah tenar sejak 1970-an. Kuliner malam di Jalan Pecenongan telah mulai diserbu pengunjung mulai pukul 5 petang. Kecuali Martabak Pecenongan, ada Bubur Kwang Tung, Seafood 88, Nasi Uduk Sri Rostika, Rumah Makan Pangkep 33, Pondok Laguna, dan berbagai masakan nikmat lainnya yang harus Anda coba para food hunter.

4. Muara Karang

Bagi Anda pecinta seafood dan chinese food, Muara Karang adalah lokasi yang ideal untuk berburu masakan malam. Di sana Anda bisa mencicipi makanan laut segar yang bisa dipilih sendiri. Kecuali itu, menu makanan yang populer di sekitar Muara Karang adalah hidangan mi dan hot pot.

Beberapa masakan harus Anda coba di antaranya, Bihun Bebek A Eng, Aroma Sop Seafood, Chuan Fu Hot Pot, Bakmi Akong, Ikan Bakar Putra Bone, Mutiara Seafood, dan masih banyak lagi.