KPK Membetulkan Panggil Staf Dan Sita Seluler Hasto Kristiyanto

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) buka suara berkaitan penyitaan ponsel milik Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan (PDIP), Hasto Kristiyanto.

Adapun ponsel Hasto disita penyidik disela pemeriksaannya sebagai saksi atas kasus dugaan suap pergantian antar waktu (PAW) yang menjerat eks calon member legislatif (caleg) PDIP Harun Masiku yang sudah buron sejak 2019. Pemeriksaan berlangsung hari ini.

Regu Jubir KPK, Budi Prasetyo mengkoreksi penyidik sudah mengerjakan penyitaan ponsel Hasto Kristiyanto. Ia beralasan, hal itu komponen dari pelaksanaan penyidikan.

“Terkait penyitaan handphone milik alat bukti Saudara H (Hasto), disajikan bahwa barang bukti elektronik adalah salah satu alat bukti dalam pembuktian perkara tindak pidana korupsi. Penyitaan handphone milik saudara H adalah komponen dari kewenangan penyidik dalam rangka mencari bukti-bukti terjadinya peristiwa tindak pidana korupsi dimaksud,” sebut ia ketika dikonfirmasi, Senin (10/6/2024).

Budi mengatakan, Hasto sudah penuhi panggilan sebagai saksi berkaitan kasus slot sever thailand suap pengurusan Penggantian Antar Waktu (PAW) DPR RI, dengan Tersangka Harun Masiku.

Dalam pemeriksaaan, penyidik menanyakan keberadaan alat komunikasi milik Hasto. Dikala itu, disajikan alat komunikasi ada di stafnya.

“Penyidik meminta staf dari Saksi H (Hasto) dipanggil, dan setelan dipanggil, penyidik menyita barang bukti berupa elektronik (handphone), catatan dan agenda milik saksi H (Hasto),” tandas ia.

Ucap Penyidik KPK Langgar Regulasi
Penasihat Regulasi Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDIP Hasto Kristiyanto, Ronny Berty Talapessy mengatakan, pemeriksaan yang dijalankan oleh penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dianggap mengerjakan pelanggaran.

Ia menuturkan, para penyidik KPK mengerjakan kezaliman undang-undang yang dijalankan ke Hasto Kristiyanto dan stafnya.

Diketahui, Hasto memenuhi panggilan KPK sebagai saksi atas kasus dugaan suap pergantian antar waktu (PAW) yang menjerat eks calon member legislatif (caleg) PDIP Harun Masiku yang buron sejak 2019.

“Hari ini kami menyampaikan keberatan atas perbuatan kezaliman undang-undang yang dijalankan oleh penyidik KPK,” kata Ronny dalam konferensi pers di DPP PDIP, Jakarta Pusat, Senin (10/6/2024).

Keberatan, lanjut Ronny disajikan berakhir ditemui banyaknya keanehan dalam pelaksanaan pemeriksaan kepada Hasto di KPK hari ini. Secara, kata ia, staf Hasto yang bernama Kusnadi ikut tiba-tiba diperiksa oleh KPK.

“Dalam pelaksanaan Mas Hasto Kristiyanto dipanggil ke ruang penyidik, tiba-tiba ada seorang penyidik menerapkan masker dan menerapkan topi yang tiba-tiba memanggil staf dari Sekjen PDI Perjuangan Mas Hasto Kristiyanto,” terang Ronny.