Ini Sistem Pertamina Hulu Kekuatan Dorong Pengembangan Ecotourism Durian Premiun di Indramayu

Pertamina Hulu Kekuatan Offshore North West Java (PHE ONWJ) mensupport pengembangan ecotourism duren premium jenis Musang King, Duri Hitam, dan Pelangi lewat Golongan Tani Hutan (KTH) Desa Cemara Kulon, Kecamatan Losarang, Kabupaten Indramayu.

Budidaya duren premium yakni bagian dari program besar Taman Desa Cemara Kulon. Nantinya, taman ini bisa dimanfaatkan sebagai area liburan sekalian sarana melestarikan dan memanfaatkan ekosistem mangrove secara berkelanjutan.

Taman ini diinginkan juga mengandung nilai ekonomi bagi masyarakat. Selain slot77 gacor menanam duren premium, KTH juga sudah menanam mangga premium dan berjenis-jenis jenis bunga yang dimanfaatkan sebagai makanan sekalian bahan baku madu bagi program budidaya lebah mangrove.

Langkah pertama budidaya diawali dari penanaman 70 benih duren premium dari Pertamina Hulu Kekuatan Offshore North West Java (PHE ONWJ).

Selain duren, perusahaan yang bergerak di bidang eksplorasi minyak dan gas itu ikut serta mendonasi 50 benih mangrove dan benih alpukat.

Pemberian benih ini diinginkan menjadi bentuk kontribusi perusahaan dalam pelestarian ekosistem mangrove yang penting bagi keseimbangan ekologis.

Manager Communication, Relations, and CID Regional Jawa, Hari Setyono menuturkan, selama ini perusahaan sudah banyak mengerjakan penanaman di kawasan operasi.

Pihaknya berharap, inisiatif ini akan memberikan nilai tambah yang signifikan bagi masyarakat setempat, bagus dari segi ekonomi ataupun keberlanjutan lingkungan.

Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat Dodit Ardian Pancapana mengapresiasi dukungan PHE ONWJ terhadap KTH Cemara Kulon.

“Kami mensupport penanaman di lokasi yang berdekatan dengan badan air, termasuk di area pasang surut mangrove seperti yang dijalankan oleh PHE ONWJ”, jelasnya.

“Penanaman ini yakni jawaban dari kabar ketahanan pangan, kabar perubahan iklim, dan kabar kesejahteraan sosial,” tandas Kepala Desa Cemara Kulon Sudarno.