Harga Masih Mahal, Bulog Kebut Impor Beras 2 Juta Ton

Perum Bulog sebagai operator pelaksana akan seketika mempercepat realisasi impor beras cocok Persetujuan Impor (PI) yang sudah diterbitkan oleh Kementerian Perdagangan sejumlah 2 juta ton beras.

Penugasan impor dari pemerintah 3,6 juta ton, tetapi eksekusi cocok dengan keperluan untuk penyaluran Bantuan Pangan, SPHP dan kebutuhan pemerintahan lainnya serta stok akhir tahun diatas 1,2 juta. Sekiranya produksi di dalam negeri meningkat, Perum Bulog pasti akan mengutamakan peresapan dalam negeri.

‚Ā†Impor konsisten dilaksanakan secara berjenjang dan terukur, dengan konsisten mengamati masa panen dan neraca pangan perberasan.

Perum Bulog sigap untuk mengerjakan program pemerintah dalam rangka stabilisasi harga, supaya masyarakat dapat mengakses beras dengan harga yang relatif murah.

Perum Bulog secara tetap terus mengerjakan upaya-upaya untuk mahjong ways menolong menyelesaikan kabar kelangkaan dan kenaikan harga beras, antara lain lewat program Bulpg Siaga.

Harga Beras Hari Ini
Sejumlah harga pangan di tanah air mengalami penurunan di pekan kedua bulan suci Ramadhon. Diinformasikan dari web Sentra Isu Harga Pangan Strategis (PIHPS) Nasional per 21 Maret 2024, seumpama harga komoditi cabai, daging ayam, beras sampai bawang merah mengalami penurunan.

Untuk komoditi cabai merah besar di kisaran Rp 32.200 per kg atau mengalami penurunan harga 56,63 persen. Kemudian, cabai merah keriting Rp 35.400 per kg atau turun 51,24 persen, cabai rawit hijau Rp 21.450 per kg atau turun 62,24 persen, dan harga cabai rawit merah Rp 35.250 per kg adalah turun 50 persen.

Kecuali itu, harga pangan yang mengalami penurunan ada bawang merah Rp 31.850 per kg atau turun 13,33 persen. Sementara untuk harga bawang putih masih mengalami mahal di kisaran Rp 41.00 per kg dari sebelumnya Rp 42.500 per kg.

Berikutnya, harga daging ayam juga mengalami penurunan 17,66 persen adalah Rp 32.400 per kg. Untuk harga daging sapi di kisaran Rp 123.800 per kg atau turun 11,13 persen dari sebelumnya Rp 138.800 per kg

Sama halnya untuk komoditi beras medium juga turun 7,5 persen dikisaran Rp 14.800 per kg, padahal beras premium turun sampai 10,71 persen adalah Rp 15.000 per kg.

Bulog Sebar 250 Ribu Ton Beras sampai Lebaran 2024

Sebelumnya, Perum Bulog menargetkan distribusi beras stabilisasi pasokan dan harga pangan (SPHP) di semua Indonesia sebanyak 250 ribu ton untuk Maret 2024 sampai Hari Raya.

Direktur Supply Chain dan Pelayanan Publik Perum Bulog Mokhamad Suyamto mengatakan, ketersediaan stok dari Bulog sebesar 1,1 juta ton yang tersebar di semua gudang Bulog di semua Indonesia menjamin kecukupan dalam menghadapi hari raya.

\\\”Penggelontoran distribusi beras SPHP hal yang demikian mencakup di pasar ritel modern, pasar tradisional, Gerakan Pangan Selain yang berprofesi sama dengan pemerintah tempat setempat dan bersemangat operasi pasar,\\\” ujar Suyamto dikutip dari Antara, Rabu (20/3/2024).

Adapun salah satu tujuan menggelontorkan beras ini merupakan supaya masyarakat dapat merasakan segera. harga beras yang cocok dengan harga eceran tertinggi (HET) di tengah harga beras yang masih cukup tinggi.

BULOG juga menyalurkan Cadangan Pangan Pemerintah (CPP) lewat Bantuan Pangan beras ke semua penerima manfaat. Sejauh ini, Bulog telah menempuh realisasi sebesar 70 persen untuk jatah Bulan Januari-Maret 2024 dengan sasaran penuntasan jatah pada bulan ini.

Kecuali itu, Bulog sudah mengerjakan peresapan gabah hasil panen pada Maret. Sentra hal ini, Bulog memiliki jumpa skema peresapan, adalah secara keharusan pelayanan publik atau public service obligation (PSO) dan komersil di mana permulaan tahun ini, perusahaan sudah meresap lebih dari 21 ribu ton seimbang beras.

\\\”Kami juga mempunyai infrastruktur modern yang bisa mendukung pelaksanaan peresapan gabah/beras, adalah 10 spot Penggilingan Padi skala besar di semua Indonesia yang dikala ini telah meresap gabah sampai 7 ribu ton,\\\” kata Suyamto.