3.400 Orang Akan Ikut Mudik Gratis Kemenhub di Tangerang, Pendaftaraan Masih Dibuka

Sebanyak 3.400 calon pemudik telah terdaftar dan jalankan verifikasi mudik gratis yang diadakan oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub) di Kota Tangerang.

“Sejak 6 Maret 2024 dibukanya posko ini, telah ada kurang lebih 3.400 calon pemudik yang telah terverifikasi,”ujar Kepala Dishub Kota Tangerang Achmad Suhaely, Selasa (19/3/2024).

Meski begitu, dia termasuk memastikan, jikalau Posko Validasi Data Mudik tetap bakal selalu diakses sampai 3 April mendatang. Bukan hanya untuk warga Kota Tangerang, melain terbuka umum bagi warga dari lokasi lainnya.

Bagi masyarakat umum, yang telah sukses mengakses kuota mudik slot spaceman gratis Ditjen Hubdat Kemenhub ini dapat langsung datang ke Kantor Dishub di Jalan DR Sitanala RT 01, RW 01, Kelurahan Karang Sari, Kecamatan Neglasari, Kota Tangerang,” jelasnya, Selasa (19/3/2024).

Total, mudik gratis Kemenhub 2024 ini sediakan kuota 30.088 penumpang serta pengangkutan sepeda motor gratis sebanyak 900 unit.

Kemenhub memfasilitasi 33 kota obyek arus mudik, sembilan kota asal arus balik dan lima kota arus mudik balik pengangkutan sepeda motor.

Nantinya, Terminal Poris Plawad Tangerang, bakal menjadi tidak benar satu titik keberangkatan mudik gratis tahun ini.

“Kini, Dishub Kota Tangerang termasuk sedang buat persiapan Terminal Poris Plawad sebagai tidak benar satu lokasi keberangkatan program mudik gratis ini. Semoga, arus mudik dan arus balik terjadi lancar, safe dan sehat untuk tiap tiap pemudiknya,” katanya.

Tol Jakarta-Cikampek II Selatan Dibuka Gratis sementara Mudik Lebaran 2024
Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) lewat Direktorat Jenderal Bina Marga mengutarakan bahwa Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) II Selatan bakal difungsionalkan pada mudik Lebaran 2024.

“Jalan tol ini nanti bakal kita gunakan (saat arus mudik) Lebaran berdasarkan diskresi dari pihak Kepolisian, yaitu fungsional satu arah dari Bandung, Purwakarta, Sadang dan nampak ke Kutanegera. Lalu dari Kutanegara gunakan jalan provinsi, sehingga dapat nampak ke Karawang Timur lebih-lebih Karawang Barat,” ujar Direktur Jalan Bebas Hambatan Bina Marga Triono Junoasmono atau disapa Yongki dikutip dari Antara, Selasa (19/3/2024).

Yongki menambahkan, Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan ini merupakan jalan tol alternatif, mengingat jalan Tol Jakarta-Cikampek telah terlampau padat, sehingga masyarakat dapat menentukan alternatif jalan.

Jika dari Jakarta dapat melalui Jatiasih langsung ke arah Purwakarta, tanpa melalui Cikunir dengan trafik selalu macet,” katanya.

Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) II Selatan ruas Sadang sampai Kutanegara, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, selama 8,5 km bakal diakses fungsional pada masa Mudik Lebaran 2024.

Ruas tersebut merupakan anggota dari Paket 3 Tol Japek II Selatan, yaitu Sukabungah–Sadang.

Pembangunan Jalan Tol Japek II Selatan
Pembangunan Jalan Tol Japek II Selatan dengan panjang 62 km ini dibagi menjadi 3 paket. Paket 1 yaitu ruas Jatiasih–Setu selama 7,25 Km. Paket 2 ruas Setu–Taman Mekar selama 23,50 km dibagi menjadi Paket 2A ruas Setu–Sukaragam selama 10,50 km, dan Paket 2B ruas Sukaragam–Sukabungah selama 13 km.

“Selanjutnya Paket 3 ruas Sukabungah–Sadang selama 31,25 km sementara ini progres konstruksinya raih 86,08 persen dan ditargetkan bakal selesai di kwartal III 2024,” ujar Yongki.

Jalan Tol Jakarta – Cikampek (Japek) II Selatan miliki peran penting di dalam menghubungkan daerah-daerah di Jawa Barat. Tol ini berpotensi mendatangkan minat-minat investasi lain di Jawa Barat yang dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat dan pengembangan lokasi industri, maupun wisata, serta mengakses banyak lapangan pekerjaan.

Secara keseluruhan, Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan dapat memangkas sementara tempuh perjalanan dan bakal terkandung 7 gerbang tol (GT), yaitu GT Jati Asih, GT Bantar Gebang, GT Setu, GT Sukaragam, GT Taman Mekar, GT Kutanegara, dan GT Sadang.