Makanan dan Minuman yang Patut Dihindari untuk Mengurangi Depresi dan Anxiety

Rasanya tak ada satu orang pun yang berkeinginan tenggelam dalam gangguan kesehatan mental. Seperti semisal serangan panik, anxiety, hingga depresi.

Sebab, gangguan kesehatan mental tersebut dapat sungguh-sungguh mengganggu Anda dan akan berbahaya jikalau tak dapat dituntaskan dengan serius. Selain itu, adakalanya apa pun rekomendasi dan informasi yang Anda temukan juga tak dapat mengatasi depresi dengan segera.

Melainkan, pernahkah Anda memikirkan bagaimana jikalau sebenarnya pola makan Anda mungkin sedikit banyak dapat mempengaruhi kondisi kesehatan mental Anda? Ya, makanan dan minuman tertentu dikenal menyebabkan lonjakan kadar gula darah, mengganggu jadwal tidur, dan memengaruhi kadar kortisol (hormon stres).

Akhirnya, dapat memicu kecemasan dan depresi. Seandainya Anda sedang mencari tips seputar metode mengurangi kecemasan dan depresi, mulailah dengan mengendalikan pola makan harian Anda.

Diinformasikan dari GQ India, Rabu (22/5/2024), segera hilangkan sebagian makanan dan minuman ini untuk bonus new member mengurangi kecemasan dan depresi yang dinikmati. Apa sajakah itu?

1. Kopi
Seandainya Anda tak dapat mengawali pagi hari tanpa menenggak secangkir kopi—Anda wajib memperhatikannya dengan cermat. Sejumlah penelitian menemukan bahwa konsumsi kopi yang tinggi meningkatkan risiko demensia, stroke, dan penyakit kardiovaskular bagi penderita hipertensi dalam bentang panjang.

Dalam kehidupan sehari-hari, kopi dan produk kafein lainnya dapat membikin Anda merasa resah dan gugup, serta mengganggu tidur Anda—yang sebenarnya penting untuk mengatasi kecemasan dan depresi.

2. Makanan olahan

Berikutnya, makanan yang sebaiknya tak dikonsumsi lagi ialah makanan olahan. Makanan olahan, terpenting makanan yang tinggi lemak trans seperti gorengan (ayam goreng, kentang goreng, dan sebagainya) dan makanan yang dipanggang secara komersial dapat menyebabkan peradangan dan stres oksidatif dalam tubuh.

Akhirnya akan meningkatkan kortisol (hormon stres) menjadi naik. Efek yang dapat terjadi pada tubuh, ialah tubuh menjadi lebih susah mengendalikan stres secara tepat sasaran.

3. Roti panggang
Siapa sangka sepotong roti panggang yang kita anggap umum saja terbukti dapat memicu perasaan khawatir atau depresi? Atau lebih spesifiknya: white toast.

Ternyata, tubuh Anda akan mengubah tepung putih olahan menjadi gula darah, yang selanjutnya menyebabkan lonjakan dan penurunan energi. Kedua kasus tersebut dapat menjadi pemicu kecemasan dan depresi. Supaya lebih aman, pilihlah roti gandum dan opsi sehat lainnya untuk makanan Anda.

4. Daging merah

Menurut National Institute of Health (NIH), konsumsi daging merah (seperti daging sapi, kambing, domba, dan babi) dapat meningkatkan tekanan darah dan dihubungkan dengan hipertensi. Karenanya ini biasanya disebabkan oleh senyawa yang disebut Trimethylamine-NOxide (TMAO) yang diproduksi di dalam tubuh sesudah mengkonsumsi daging merah.

Menurut dari itu, orang dengan tekanan darah tinggi cenderung lebih rentan mengalami kecemasan dan serangan panik.

5. Soy sauce
Bagi banyak orang, makanan kaya gluten dapat menyebabkan kecemasan dan depresi. Menurut NIH, intoleransi gluten dapat menyebabkan bermacam-macam tipe kecemasan.

Untuk tujuan ini, mereka yang sensitif kepada gluten wajib menghindari mie, makanan yang dipanggang, krupuk, bir, dan makanan apa pun yang dijadikan dengan kecap. Karenanya ini karena kecap juga mengandung banyak gluten, yang kecuali menyebabkan persoalan kesehatan mental, juga dapat membikin Anda merasa lesu.